Minggu, 22 November 2009

ebiet G Ade biografi


Abid Ghoffar Aboe Dja'far
Laki-Laki
Wanadadi, Banjarnegara, 21 April 1955


Biografi :

Ebiet G. Ade lahir di Wanadadi, Banjarnegara, 21 April 1955, dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu yang telah melegenda. Lagu-lagu yang ditelurkannya memiliki nuansa balada dan berkekuatan pada makna-makna syairnya.

Ebiet memasuki lingkungan seniman Yogyakarta sejak 1971. Motivasi terbesar yang membangkitkan kreativitas karya-karyanya adalah ketika bersahabat dengan Emha Ainun Nadjib (penyair), Eko Tunas (cerpenis), dan E.H. Kartanegara (penulis). Beberapa puisi Emha bahkan sering dilantunkan Ebiet dengan petikan gitarnya. Walaupun, ketika masuk dapur rekaman, tidak ada syair Emha yang ikut dinyanyikannya.

Pria yang lebih senang disebut sebagai penyair itu, semula hanya menyanyi dengan berkonser di Jawa Tengah dan DIY, memusikalisasikan puisi-puisi dan hanya menganggapnya sebagai hobi belaka. Namun atas dorongan para sahabat dekatnya akhirnya Ebiet bersedia juga maju ke dunia belantika musik Nusantara.

Ebiet selama lima tahun pernah jauh dari peredaran dan baru pada 1995, dirinya mengeluarkan album Kupu-Kupu Kertas (didukung oleh Ian Antono, Billy J. Budiardjo, Purwacaraka, dan Erwin Gutawa) dan Cinta Sebening Embun - Puisi-Puisi Cinta.

Pada 1996 Ebiet mengeluarkan album Aku Ingin Pulang - 15 Hits Terpopuler. Dua tahun berikutnya ia mengeluarkan album Gamelan yang memuat lima lagu lama yang diaransemen ulang dengan musik gamelan. Kemudian pada 2000 Ebiet, merilis album Balada Sinetron Cinta dan 2001 mengeluarkan album Bahasa Langit, yang didukung oleh Andi Rianto, Erwin Gutawa dan Tohpati.

Ebiet sendiri adalah suami Yayuk Sugianto kakak dari penyanyi Iis Sugianto pada 1982. Perkawinan mereka dikaruniai 4 orang anak, masing-masing Abietyasakti Ksatria Kinasih, Adaprabu Hantip Trengginas, Byatuasa Pakarti Hinuwih, Segara Banyu Bening.

14 komentar:

Gadis Malang mengatakan...

wah... EBIET G. ADE
penyanyi panutanku tuh...
yang membuat lagu inspiratif dan semua lagunya membuat aku terkagum-kagum. betapa beliau peduli akan nasib bangsa kita saat sekarang ini. dan beliau menciptakan lagu bukan hanya sebagai media hiburan belaka. beliau membuat kita mencintai tanah Indonesia kita ini.

dua lagunya yang paling aku suka adalah :
1 BERITA PADA KAWAN
2. UNTUK KITA RENUNGKAN.

vengeance mengatakan...

@Gadis Malang : ya gitu lah ebiet g ade membuat sebuah karya musik itu dengan perasaan yang tinggi tanpa mengharapkan sebuah keterkenalan demi mencapai hasil yang memuaskan bagi seorang seni . .

dannu mengatakan...

del.
bara no hp den ?
yg xl.
aden nda tw..

(mantap komenden kan ?)

aurora mengatakan...

mantap! baru saya sangat suka dengan blog ini.... saya ingin sekali punya syair sehebat om ebiet.... begitu menggugah... begitu tegar....

"sedang kau diciptakan bukanlah untukku,...
itu pasti...
tapi aku tak mau peduli....
sebab cinta bukan mesti bersatu...
biar kucumbui bayangmu...
dan kusandarkan harapanku..."
ebiet G ade: lagu untuk sebuah nama...

begitu tegar... coba bandingkan dengan yang ini:

"mengapa kau tak membalas cintaku...
mengapa kau tak hiraukan rasaku"
kangen band: pujaan hati (hooeekkkS!!)

begitu jauh kesenjangan makna musik sekarang dengan musik legendaris dahulu kala...
:sedih:

Gadis Malang mengatakan...

aku setuju sama kamu tuh rif....

apa2an tuh musik anak indonesia sekarang kebanyakan bertemakan cinta... yang (ih.. nggak banget) adapun yang bertema lain... paling itu hanya segelintir orang yang peduli ama nasib bangsa.!

partarutung sitolu-tolu mengatakan...

yang paling indah dan mantap ialah yang terlahir dari diri sendiri, pengalaman yang terjadi pada dirinya sendiri, baginya, yang bisa mengukapkan itu dalam nyayian, atau dalam puisi. dukung terus musik indonesia, dukung terus seniman yang telah ada,maupun yang akan datang. hidup musik indonesia. "merdeka" partarutung sitolu-tolu.

rizal mengatakan...

Bagi mas Ebiet G Ade berkarya adalah untuk meninggikan nilai-nilai hidup sehingga memberi ruang bagi orang lain untuk memaknai hidup lebih berarti lagi, mungkin itu yg membuat lagu Ebiet G Adi begitu abadi serta menyentuh hati dan mungkin itu juga yg membedakan pemusik sekarang yg berkarya untuk mencari hidup. Dan seperti lagu-lagu Ebiet G Ade sudah masuk wilayah terapi, bagaimana seorang pemuda di danau Toba yg mengalami kekurangan fisik (difabel)selalu mendengarkan lagu-lagu Ebiet G Ade agar dia selalu bersemangat menyambut dan menjalani kehidupan ini. Ebiet G Ade memang luar biasa.

Anonim mengatakan...

ntar ge tgl 21 april...
ebiet ga de mw ultah...
HBD ya pak???
q bwt post ne tgl 17 april 2010

triastomo mengatakan...

kelembutan 'kritik' dalam suara dan syairnya, layak untuk didengar sebagai teguran bagi yang tersesat, himbauan untuk diresapi

RezQy-- mengatakan...

masih ada tidak penyanyi generasi muda yang bisa kayak ebid...., paling tidak sebagai generasi penerus lagu2 balada di industri musik nusantara...,,,!!!!

mahroo mengatakan...

ilove u fullll omm.,

mahroo mengatakan...

kalo lagunya om ebiet di arransment ulang sama band masa kini bagaimana tanggapan om ebiet sendiri???

Johan mengatakan...

sangat menyentuh karya satu anak bangsa ini,sampai sekarang lagu2nya mas Ebiet masih sering terdengar,dan satu hal yang aku sangat suka adalah progresi chord lagu2nya beliau,dan ternyata TIDAK MUDAH loh chording-nya,beberapa lagu yg aku buatkan chord-nya lumayan miring2 kuncinya heheh,kalo kawan2 butuh chord dan lirik lagu2 ebiet mampir ke blog-ku aja....
salam-johan
http://gitarchordshack.blogspot.com

Anonim mengatakan...

dimana bisa download lagu "lolong" dan lagu yg liriknya
: ingin berjalan berdua denganmu kekasih
lewati malam setelah usai rinai gerimis...
tuh apa judulnya?

Poskan Komentar